Senin, 25 November 2019

Gaji Pegawai Indomaret Lebih Tinggi

Gaji Pegawai Indomaret Lebih Tinggi, Hari Ini Pegawai Bank Demonstrasi

Jakarta-Menyusul info upah pegawai Indomaret tambah tinggi dari pegawai bank,beberapa puluh pegawai bank yang terhimpun dalam Jaringan Komunikasi Serikat Pekerja Perbankan (SP Perbankan) bergabung di Kantor Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta, Jakarta Pusat. Mereka mulai bergabung semenjak jam 8.30 WIB.

Gagasannya beberapa ratus massa kombinasi SP Perbankan mengadakan tindakan tuntut kenaikan Gaji Minimal Sektoral (UMS) perbankan bertopik Apel Besar, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis 1 Maret 2018. Ketua Umum Serikat Pekerja PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Abdoel Mujib menjelaskan konsentrasi tuntutan mereka dalam tindakan itu ialah kenaikan UMS sebesar 30 %. Tindakan ini akan diikuti 16 serikat pekerja perbankan dari Jakarta serta sekelilingnya.

Abdoel menjelaskan, tindakan ini adalah peringatan khususnya buat Dewan Penggajian untuk meningkatkan gaji beberapa pegawai bank. ""Jangan pernah kami lakukan pendekatan berhenti (kerja) seperti buruh pabrik sebab akan memunculkan risiko sistemik atau dampak domino yang mengakibatkan semua perusahaan terpengaruh,"" kata Abdoel pada Tempo di tempat sebelum demonstrasi.

Abdoel selanjutnya memperbandingkan gaji yang sampai kini didapat pegawai bank dengan pegawai retail. Di Kota Depok, UMS pekerja di industri layanan perbankan dengan layanan perdagangan ditetapkan memperoleh gaji Rp 3,69 juta per bulan. Gaji itu lebih rendah bila dibanding dengan upah pekerja di bidang pasar kekinian, supermarket, serta hypermarket, yang diputuskan Rp 3,98 juta per bulan

Abdoeltunjukkan data patokan keuangan yang memperbandingkan andil pekerja perbankan dengan pegawai retail. Berdasar data dari www.sahamonline.id, andil rugi atau laba perusahaan perbankan serta keuangan sampai 27,53 %. Sesaat, andil perusahaan retail cuma sebesar 0,34 %.

Abdoelmenggarisbawahi besarnya sumbangan perusahaan bidang keuangan pada Produk Domestik Bruto (PDB). Berdasar data dari Kementerian Keuangan, bidang keuangan berperan sampai 17 % dibanding bidang perdagangan besar serta eceran yang cuma sampai 9 %.

"" Berarti (gaji) beberapa pekerja di perbankan sangatlah miris. Walau sebenarnya kwalifikasi, pendidikan, kompetensi, serta risiko yang ditemui kami semakin besar dari pekerja retail, "" sebut Abdoel.

Gagasannya, tindakan ini akan dengan diawali long march ke arah Balai Kota DKI Jakarta mulai jam 10.00 WIB. Abdoel menjelaskan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum mengonfimasi jika dianya akan menjumpai beberapa massa berkaitan tuntutan kenaikan gaji itu.Walau demikian, kata Abdoel, dianya sudah menjumpai Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang mengulas masalah gaji itu.

""Belumlah ada arah (gaji akan dinaikkan), tetapi Bang Sandi telah janji akan mem-follow up, "" kata Abdoel.

Seputar 400 massa yang terhimpun dalam Jarkom SP Perbankan akan ikuti tindakan ini. Salah satunya dari 16 jaringan pekerja perbankan, yaitu Bank Danamon, Permata, Maybank Syariah, Ganesha, QNB Qatar, SBI, Shinhan, Maybank Perjuangan, NISP OCBC, CIMB Niaga, MNC, Citibank, Bank Oke Indonesia, serta UOB Indonesia.

Baca berita yang lain mengenai Indomaret di Tempo.co.

"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar